Visi dan Misi Tulisan
Setiap organisasi atau
perusahaan pastilah mempunyai sebuah visi untuk mencapai kesuksesannya. Visi
adalah apa yang perusahaan inginkan di masa depan. Visi dapat memberikan
aspirasi dan motivasi disamping memberikan panduan atau rambu-rambu dalam
menyusun strategi perusahaan. Pernyataan visi yang efektif adalah menggambarkan
secara jelas gambaran dari perusahaan yang ingin dikembangkan. Visi digunakan
sebagai pemandu untuk merubah hal–hal yang berhubungan dengan perusahaan.
Visi menjelaskan pada karyawan kemana kita akan menuju. Berikut ini dipaparkan
definisi visi dari beberapa pakar atau ahli di bidang organisasi:
Definisi visi menurut
Indrakaralesa (2007) adalah sebagai berikut: Visi adalah refleksi keyakinan-keyakinan
dan asumsi-asumsi dasar tentang segala hal, tentang kemanusiaan, ilmu dan
teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika. Definisi visi menurut
Ancok (2007) adalah sebagai berikut: Visi adalah suatu statemen yang berisikan
arahan yang jelas tentang apa yang akan diperbuat oleh perusahaan di masa yang
akan datang. Definisi visi menurut Mita (2008) adalah sebagai berikut: Visi
adalah sesuatu yang kita bayangkan secara ideal yang akan kita capai di masa
depan.
Definisi visi menurut
Aditya (2010) adalah sebagai berikut: Visi adalah suatu pandangan jauh tentang
perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk
mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Definisi visi menurut
Arman (2008) adalah sebagai berikut: Visi merupakan pernyataan yang
mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang
akan datang. Berdasarkan beberapa definisi visi di atas dapat disimpulkan bahwa
visi merupakan suatu pernyataan komprehensif tentang segala sesuatu yang
diharapkan suatu organisasi pada masa yang akan datang dan dibuat sebagi
pedoman atau arah tujuan jangka panjang organisasi.
Visi adalah pendangan jauh ke depan/ke arah ke mana usaha ini akan melangkah. Misi adalah kegiatan untuk mencapai sasaran/target yang dilakukan untuk mewujudkan visi dan mencapai tujuan. Dalam buku Entrepreneurship,karangan Peggy Lambing dan Charles R Kuehl, misi dijabarkan lebih lengkap lagi yaitu: “Yaitu pernyataan ringkas dan jelas yang berisi penjelasan mengenai tujuan bisnis dan fisolofi yang dijalankan manajemen. Menurut para ahli, pernyataan misi sebaiknya tak lebih dari 50 kata. Agar wirausaha semakin focus”.
Visi adalah pendangan jauh ke depan/ke arah ke mana usaha ini akan melangkah. Misi adalah kegiatan untuk mencapai sasaran/target yang dilakukan untuk mewujudkan visi dan mencapai tujuan. Dalam buku Entrepreneurship,karangan Peggy Lambing dan Charles R Kuehl, misi dijabarkan lebih lengkap lagi yaitu: “Yaitu pernyataan ringkas dan jelas yang berisi penjelasan mengenai tujuan bisnis dan fisolofi yang dijalankan manajemen. Menurut para ahli, pernyataan misi sebaiknya tak lebih dari 50 kata. Agar wirausaha semakin focus”.
Visi dan misi sebuah
organisasi usaha umumnya terkait erat dengan filsafat dan pandangan hidup sang
wirausaha. Sehubungan dengan itu, seorang wirausahawan harus dapat merumuskan
beberapa hal sebelum mampu memaparkan visi dan misi dengan utuh. Untuk merumuskan
ini, Stephen.R.Covey memiliki metode menarik. Ia meminta kita membayangkan
hari kematian kita. Pada hari itu, semua orang berkumpul. Mereka masing-masing
diberi giliran untuk mengenang kita. Pernyataan visi dan misi pribadi harus di
fokuskan pada tiga hal, yakni gambaran manusia yang kau inginkan (karakter),
cita-cita (kontribusi dan keberhasilan) serta nilai hidupmu.
Visi pribadi
menggambarkan lebih spesifik bagaimana kita akan menjalankan hidup. Menggunakan
visi pribadi, kita bisa menciptakan tujuan-tujuan yang lebih jelas pada hidup
kita. Hal ini berlanjut di tingkat organisasi usaha. Karena usaha memerlukan
bantuan banyak pihak, sebuah misi yang baik adalah misi yang merupakan gabungan
dan kolaborasi seluruh anggota. Setiap pribadi yang terlibat dalam usaha harus
memiliki bagian dari misi itu. Tidak hanya para pengambil keputusan, tetapi
semua orang, termasuk satpam, penyapu, pembersih jendela, dsb. Setiap usaha
akan jauh lebih kuat dan stabil apabila memiliki orang-orang dengan visi dan
serupa, hal ini akan mengembangkan komitmen yang jauh lebih besar dari pada
jika hanya kata-kata belaka. Dalam membangun visi dan misi perusahaan yang
kokoh, pertama dibutuhkan visi dan misi pribadi dari tiap karyawan. Dari
sinilah, akan dilahirkan komitmen Tanpa adanya keterlibatan, tidak ada
komitmen.
Jadi, dalam Blog ini,
penulis memiliki visi dan misi: yaitu dengan membahas atau menarasikan tema-tema
dasar yang sangat penting dipegang, dianut, dan di internalisasi oleh seluruh
umat manusia dalam mengarungi kehidupan dengan bahagia dan sejahtera, YAITU:
VISI:
1. KEISLAMAN (DAMAI)
2. KEMASYARAKATAN (SINERGI)
3. KEINDONESIAAN (HARMONI)
MISI:
1. Menarasikan nilai-nilai yang berkaitan dengan perdamaian dari perspektif keislaman.
2. Menebarkan nilai-nilai yang berkaitan dengan perdamaian, toleransi, dan persaudaraan.
3. Menebarkan nilai-nilai yang memberikan kedamaian, keharmonisan dan kesejahteraan.
4. Menjadi blogger atau penulis yang jujur terbuka, rendah hati, dan bermanfaat bagi masyarakat kemanusiaan.
1. Menarasikan nilai-nilai yang berkaitan dengan perdamaian dari perspektif keislaman.
2. Menebarkan nilai-nilai yang berkaitan dengan perdamaian, toleransi, dan persaudaraan.
3. Menebarkan nilai-nilai yang memberikan kedamaian, keharmonisan dan kesejahteraan.
4. Menjadi blogger atau penulis yang jujur terbuka, rendah hati, dan bermanfaat bagi masyarakat kemanusiaan.
TRILOGI:
1. Kebaikan
2. Kedamaian
3. Kemanusiaan
NILAI DASAR:
1. Tauhid
2. Kebebasan
3. Toleransi
4. Egaliter
5. Maslahat
Komentar
Posting Komentar