Visi dan Misi Tulisan

Setiap organisasi atau perusahaan pastilah mempunyai sebuah visi untuk mencapai kesuksesannya. Visi adalah apa yang perusahaan inginkan di masa depan. Visi dapat memberikan aspirasi dan motivasi disamping memberikan panduan atau rambu-rambu dalam menyusun strategi perusahaan. Pernyataan visi yang efektif adalah menggambarkan secara jelas gambaran dari perusahaan yang ingin dikembangkan. Visi digunakan sebagai pemandu untuk merubah hal–hal yang berhubungan dengan perusahaan. Visi menjelaskan pada karyawan kemana kita akan menuju. Berikut ini dipaparkan definisi visi dari beberapa pakar atau ahli di bidang organisasi: 
Definisi visi menurut Indrakaralesa (2007) adalah sebagai berikut: Visi adalah refleksi keyakinan-keyakinan dan asumsi-asumsi dasar tentang segala hal, tentang kemanusiaan, ilmu dan teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika. Definisi visi menurut Ancok (2007) adalah sebagai berikut: Visi adalah suatu statemen yang berisikan arahan yang jelas tentang apa yang akan diperbuat oleh perusahaan di masa yang akan datang. Definisi visi menurut Mita (2008) adalah sebagai berikut: Visi adalah sesuatu yang kita bayangkan secara ideal yang akan kita capai di masa depan.
Definisi visi menurut Aditya (2010) adalah sebagai berikut: Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Definisi visi menurut Arman (2008) adalah sebagai berikut: Visi merupakan pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. Berdasarkan beberapa definisi visi di atas dapat disimpulkan bahwa visi merupakan suatu pernyataan komprehensif tentang segala sesuatu yang diharapkan suatu organisasi pada masa yang akan datang dan dibuat sebagi pedoman atau arah tujuan jangka panjang organisasi.
Visi adalah pendangan jauh ke depan/ke arah ke mana usaha ini akan melangkah. Misi adalah kegiatan untuk mencapai sasaran/target yang dilakukan untuk mewujudkan visi dan mencapai tujuan. Dalam buku Entrepreneurship,karangan Peggy Lambing dan Charles R Kuehl, misi dijabarkan lebih lengkap lagi yaitu:  “Yaitu pernyataan ringkas dan jelas yang berisi penjelasan mengenai tujuan bisnis dan fisolofi yang dijalankan manajemen. Menurut para ahli, pernyataan misi sebaiknya tak lebih dari 50 kata. Agar wirausaha semakin focus”.
Visi dan misi sebuah organisasi usaha umumnya terkait erat dengan filsafat dan pandangan hidup sang wirausaha. Sehubungan dengan itu, seorang wirausahawan harus dapat merumuskan beberapa hal sebelum mampu memaparkan visi dan misi dengan utuh. Untuk merumuskan ini, Stephen.R.Covey memiliki metode menarik. Ia meminta kita membayangkan hari kematian kita. Pada hari itu, semua orang berkumpul. Mereka masing-masing diberi giliran untuk mengenang kita. Pernyataan visi dan misi pribadi harus di fokuskan pada tiga hal, yakni gambaran manusia yang kau inginkan (karakter), cita-cita (kontribusi dan keberhasilan) serta nilai hidupmu. 
Visi pribadi menggambarkan lebih spesifik bagaimana kita akan menjalankan hidup. Menggunakan visi pribadi, kita bisa menciptakan tujuan-tujuan yang lebih jelas pada hidup kita. Hal ini berlanjut di tingkat organisasi usaha. Karena usaha memerlukan bantuan banyak pihak, sebuah misi yang baik adalah misi yang merupakan gabungan dan kolaborasi seluruh anggota. Setiap pribadi yang terlibat dalam usaha harus memiliki bagian dari misi itu. Tidak hanya para pengambil keputusan, tetapi semua orang, termasuk satpam, penyapu, pembersih jendela, dsb. Setiap usaha akan jauh lebih kuat dan stabil apabila memiliki orang-orang dengan visi dan serupa, hal ini akan mengembangkan komitmen yang jauh lebih besar dari pada jika hanya kata-kata belaka. Dalam membangun visi dan misi perusahaan yang kokoh, pertama dibutuhkan visi dan misi pribadi dari tiap karyawan. Dari sinilah, akan dilahirkan komitmen Tanpa adanya keterlibatan, tidak ada komitmen. 
Jadi, dalam Blog ini, penulis memiliki visi dan misi: yaitu dengan membahas atau menarasikan tema-tema dasar yang sangat penting dipegang, dianut, dan di internalisasi oleh seluruh umat manusia dalam mengarungi kehidupan dengan bahagia dan sejahtera, YAITU:

VISI:

1. KEISLAMAN (DAMAI)
2. KEMASYARAKATAN (SINERGI)
3. KEINDONESIAAN (HARMONI)

MISI:

1. Menarasikan nilai-nilai yang berkaitan dengan perdamaian dari perspektif keislaman.
2. Menebarkan nilai-nilai yang berkaitan dengan perdamaian, toleransi, dan persaudaraan.

3. Menebarkan nilai-nilai yang memberikan kedamaian, keharmonisan dan kesejahteraan.
4. Menjadi blogger atau penulis yang jujur terbuka, rendah hati, dan bermanfaat bagi masyarakat kemanusiaan.


TRILOGI:

1. Kebaikan
2. Kedamaian
3. Kemanusiaan

NILAI DASAR:

1. Tauhid
2. Kebebasan
3. Toleransi
4. Egaliter
5. Maslahat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

*Meneladani Perjuangan bapak Pendiri Bangsa.

Islam Melindungi Kemanusiaan Abad 21

Politisi-Politisi yang Defisit Akhlak Malu