"Belajar Kehidupan dari Sepakbola"


14 Oktober 2017.
Sepakbola adalah salah satu jenis olahraga, olahraga tim yang terdiri dari 11 pemain. dari ke 11 pemain tersebut memiliki karakter dan posisi masing masing yang sudah di tetapkan. Sepakbola di mainkan di lapangan yang luas atau stadion. Lapangan sepakbola yang bagus terdiri dari tribun penonton yang berbentuk menengah dan ada juga yang megah untuk menampung para penonton/suporter yang datang menikmati permainan sepakbola, bahkan atap stadion menggunakan teknologi canggih dengan sistem buka-tutup untuk menghalangi cahaya matahari, hujan dan badai topan yang akan masuk ke dalam area lapangan.
Setiap tim sepakbola di pimpin oleh satu pelatih/manajer, asisten pelatih dan tenaga lainnya untuk mendukung keberhasilan sebuah tim. Pelatih adalah orang yang memiliki pengetahuan atau keahlian di bidang olahraga khususnya sepakbola agar lebih mudah memahami karakter sebuah tim. Seorang pelatih tidak hanya bertugas sebagai manajer tapi pelatih juga berhak memilih pemain-pemain yang berkualitas atau pemain yang sesuai dengan karakter seorang pelatih.
Untuk membangun sebuah tim sepakbola yang solit, kuat dan karakter. Seorang pelatih tidak hanya memimpin pada saat latihan, memberi taktik dan startegi. tapi pelatih adalah orang pertama yang memahami emosi para pemain. Maka pada saat itulah seorang pelatih mengambil alih atau wewenang untuk meredakan emosi, memberi motivasi dan membangkitkan kembali mental yang sempat down/turun agar para pemain kembali fokus dan bersemangat lagi untuk bermain dan memenangkan pertandingan.
Selain adanya tugas seorang pelatih tadi. Para pemain yang tergabung dalam satu tim harus saling kenal satu persatu agar menumbuhkan hubungan emosional agar supaya sebuah tim atau para pemain menjadi tim yang solid, kuat, katakter dan bersahabat. Para pemain tidak boleh saling iri, dengki dan sombong di antara pemain yang lainnya. Para pemain harus saling mendukung kelebihan dan memberi motivasi. Ketika setiap pemain sudah tertanam hubungan emosisonal yang kuat maka kebersamaan, kekuatan dan karakter sebuah tim itu akan terbentuk. Para pemain harus menyingkirkan rasa egois, pesimis dan sombong dalam dirinya agar tidak terbawa ketika saat pertandingan berlangsung. Maka sifat tersebut dapat merusak hubungan atau permain sebuah tim sepakbola. Ketika para pemain sudah saling kenal satu sama lain dan tertanam hubungan emosional yang positif maka tim tersebut sudah terbentuk walaupun belum utuh atau sempurna.
Para pemain tidak hanya menerapkan strategi atau taktik yang diberikan oleh pelatih. Tapi setiap para pemain harus berimprovisasi dan berinisiatif untuk membangun strategi serangan agar tujuan/gol dapat tercapai. Ketika ada di antara pemain ada yang merasa capek atau lelah maka pemain yang lainya yang harus memberikan motivasi dan semangat agar pemain yang lainnya fokus kembali melanjutkan pertandingan. Dan para pemain juga tidak boleh saling menyalahkan, melainkan antar pemain harus saling mengisi kekurangan atau kelemahan di antar pemain yang lainnya.
Apabila setiap pemain saling memberi motivasi atau semangat dan saling mengisi kekurangan atau kelemahan maka tim tersebut menjadi solid dan kuat.
Para pemain tidak hanya mengandalkan kekuatan otot atau tenaga dalam bermain sepakbola tapi para pemain juga harus menggunakan akal pikiran dan bekerja sama agar tujuan menciptakan sebuah gol akan mudah tercapai. Para pemain tidak boleh mengandalkan satu pemain tapi setiap pemain harus saling mendukung dan berada di dekat pemain lainnya agar mudah pasing dan kerjasama. Sebuah tim sepakbola, mustahil akan mencetak sebuah gol tanpa ada kerjasama, inisiatif dan improvisasi di antara pemain.
Modal utama yang harus di miliki oleh para olahragawan khususnya para pemain sepakbola adalah semangat, kemauan dan tekad yang kuat tertanam dalam diri. Dengan adanya semangat atau kemauan ini maka ketika bermain dalam sebuah pertandingan akan lebiih mudah, tenang tanpa ada beban dan tekanan. Semangat berfungsi ketika ingin membangun strategi tim dan membangun inisiatif serangan ke pihak lawan. Maka dengan jiwa yang semangat tertanam dalam diri maka seolah oleh ada dorongan untuk mencetak sebuah gol ke gawang lawan.
Semangat dan mental yang kuat juga berfungsi ketika kondisi sebuah tim berada dalam ketertinggalan gol. Maka setiap pemain harus membangkitkan rasa semangat dan tetap fokus membangun strategi untuk dapat mengejar ketertinggalan atau menyamakan skor atau mencetak gol ke gawang lawan.
Untuk menumbuhkan rasa semangat dalam jiwa, ketika peluit awal pertandingan sudah di tiup maka kita harus mulai memunculkan tekad kuat dan bersemangat dalam mengawali pertandingan. Ketika semangat dan tekad yang kuat sudah muncul pada awal pertandingan maka pertandingan akan mudah di lewati dengan jiwa yang fokus, tenang dan kerjasama.
Selain menumbuhkan semangat, tekad dan inisiatif ketika bermain dalam sebuah pertandingan. Kita juga harus menambah energi dan mental kepada para suporter yang datang menonton ke stadion. Selain datang untuk menonton dan mendukung tapi para suporter membawa energi posif dan rasa optimis yang dapat membantu kietika setiap pemain merasa lelah dan tekanan. Untuk mendapatkan energi positif dari para penonton yaitu dengan cara mendekatlah ke arah penonton dan angkatlah tanganmu sebagai pertanda untuk meminta energi atau membangkitkan mental yang sempat turun/lelah.
Untuk mencuri gol lebih awal, para pemain tidak boleh bermain hati hati pada menit menit awal. Tapi para pemain harus bermain dengan semangat dan konsetrasi membangun pada menit awal untuk membangun serangan agar mudah mencuri gol pada menit awal. Gol di menit awal itu lebih baik ketimbang kebobolan di menit akhir. Ketika salah satu tim sudah mencetak gol di menit awal, maka pertandingan akan menjadi lebih seru dan menarik. Karena tim yang kebobolan lebih awal akan mulai menata strategi dan konsentrasi untuk mengejar ketertinggalan. Sedangkan sebuah tim yang mencetak gol di menit awal sudah mulai tenang, bersemangat, dan konsentrasi kembali untuk mencetak gol yang selanjutnya untuk memperlebar kedudukan skor.

#Pelajaran yang dapat di petik dari permainan SEPAKBOLA adalah :
Bahwa sebuah kesuksesan tidak akan bisa tercapai tanpa adanya bekal yang cukup, jiwa yang kuat menghadapi ujian dan tekanan hidup. Menjalani proses dengan rasa sabar dan semangat dan juga membutuhkan keterlibatan atau kerjasama dari orang lain agar tujuan dan cita cita menuju puncak kesuksesan akan mudah tercapai.

#Fitrah TA
#Sabtu Menulis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

*Meneladani Perjuangan bapak Pendiri Bangsa.

Islam Melindungi Kemanusiaan Abad 21

Mahatma Gandhi dan Manusia Ahimsa (Anti Kekerasan)