Nilai-Nilai (Buka Bersama) di Bulan Ramadhan

Apa saja kegiatan dan manfaat bukber ini? Acara buka bersama ini dilakukan oleh organisasi atau paguyuban (ASMASI MALANG), yaitu salah satu organisasi daerah bima khususnya organisasi yang berdiri dikota malang yaitu bernama paguyuban (ASMASI MALANG). Kader atau anggota dari paguyuban ini terdiri dari aneka mahasiswa yang menempuh kuliah di berbagai kampus di kota malang. Mereka disatukan, saling mengenal dan menyambung tali silaturahmi dengan satu wadah atau paguyuban yang bernama ASMASI MALANG.
Siapa saja yang ikut bukber? Pada awalnya, Yang mengikuti acara buka bersama ini adalah untuk seluruh kader atau anggota keluarga besar asmasi malang, tetapi ada sebagian yang sibuk dengan kegiatan atau kesibukan masing masing. Jadi yang mengikuti hanya sebagiannya saja. Kurang lebih 20 orang yang ikut, dan 30 lainnya tidak ikut.
Kapan acara bukber? Acara bukber ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 12 mei 2019, jam 16:00 sampai 17:20 malam hari. Acara dimulai pada jam 17:20 yaitu buka puasa bersama, dilanjutkan dengan sholat magrib bersama, dan acara kenalan dan sambutan-sambutan para senior dan sesepuh organisasi asmasi malang. 
Dimana tempat acara bukber? Tempat acara buka bersama ini adalah di kampus 3 univesitas muhmmadiyah malang, tepatnya gi gazebo teknik umm, sebelah kanan taman-taman kampus, lebih spesifiknya adalah berdekatan dengan lab teknik umm. Disitu ada beberapa gazebo, dan tempat duduk yang biasa digunakan oleh mahasiswa untuk sekedar bersenda gurau, berdiskusi dan untuk istirahat,dll. Alasan dipilihnya di gazebo teknik umm adalah karena memang tempat itu telah disepakati oleh anggota atau forum, juga karena tempat itu bisa dijangkau oleh setiap kader atau mahasiswa lain yang tinggal di dekat daerah kampus umm.
Mengapa/kenapa dilakukan bukber? Secara umum, sudah menjadi adat istiadat atau tradisi seluruh umat islam bahwa buka bersama adalah sebagai sarana atau cara untuk menyambung tali silaturahmi antar sesama manusia, khususnya sesama kader atau mahasiswa satu daerah yang hidup diperantauan. Tetapi banyak lagi manfaatnya, seperti; karena adanya acara ini, setiap invidu dengan individu yang salin dapat saling kenal-mengenal, hormat-menghormati dan sehat- menasehati antar sesama manusia khususnya sesama beragama islam/muslim. Juga, sekaligus untuk menyambut calon mahasiswa yang baru saja tiba dikota malang yang menjalani tes masuk di perguruan tinggi di kota malang khususnya dikampus UMM. Selain itu, sebagai sarana untuk saling kenal mengenal antara mahasiswa yang junior/maba dengan mahasiswa tua atau sesepuh yang masih menjalani studi bahkan bekerja di kota malang ini. Sehingga dengan agenda buka bersama pguyuban ASMASI MALANG ini dapat merekatkan nilai-nilai kasih sayang, kekeluargaan dan kebersamaan, tolong-menolong dan persaudaraan antar sesama manusia khususnya masyarakat/mahasiswa Bima yang merantau di Kota Malang.

Bagaimana suasana/keadaan bukber?, karena acara dimulai setelah ashar, jadi kader atau anggota hanya sebagian saja yang sudah tiba atau sekedar nongkrong di tempat duduk dan gazebo. Sebagiannya lagi, ada yang masih dikos/kepentingan masing masing, dan sebagian lagi sibuk tolong menolong, bahu membahu mengambil makanan di kontarakan untuk dibawa ke atau diantar ke tempat acara tepatnya di gazebo teknik umm. Beberapa menit kemudian, beberapa kader atau anggota satu persatu menampakkan batang hidunya atau datang dan langsung membaur dengan kader yang lain. Acara berlangsung aman, lancar dan penuh kegembiraan, karena memang sebagian anggotanya sudah saling kenal mengenal, jadi tidak ada tindakan yang aneh-aneh. Atau setiap kader dapat saling bersenda gurau, bercanda ria, dan bertukar pikiran/diskusi dengan kader yang lainnya.
Beberapa menit kemudian, tepat pada jam, 17:20 malam hari, kemudian semua kader mulai makanan dan dipimpin doa oleh salah satu senior.

Karena itu, tidak ada kedamaian, kebahagiaan, kesejahteraan atau kekeluargaan kalau kita tidak mampu saling kenal mengenal, kasih mengasihi dan hormat menghormati atau menyambung tali silaturahmi antar sesama. Teman adalah tempat kita untuk mengabiskan sementara waktu,. Akan tetapi, paguyuban, kekeluarga atau ikatan oraganisasi adalah berhubungan dengan waktu yang sangat langgeng, tempat kita untuk saling berbagi suka dan duka, sedih dan gembira, atau tempat kita saling tolong-menolong, saling dukung-mendukung dan tempat kita untuk merajut kebersamaan, solidaritas dan persaudaraan antar sesama untuk membangun masyarakat yang cerdas, harmonis, sejahtera dan kemajuan di masa kini dan masa  datang. Kekeluargaan adalah salah satu tiangnya sebuah negara, kalau ikatan kekeluargaan dalam sebuah paguyuban begitu kuat dan harmonis, maka dapat menghadapi setiap cobaan dan rintangan, sehingga mampu  melahirkan atau meneggakkan sendi negara yang kokoh dan  maju untuk mencapai kesuksesan dan kemajuan sebuah negara di masa kini dan masa datang.

*)Penulis adalah Fitratul Akbar, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (2015), Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang. Kota Malang, 12 Mei 2019, 22:30 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

*Meneladani Perjuangan bapak Pendiri Bangsa.

Islam Melindungi Kemanusiaan Abad 21

Mahatma Gandhi dan Manusia Ahimsa (Anti Kekerasan)