Pentingnya Mengenal diri sendiri di era kekinian

"barangapa yang mengenal dirinya, niscaya ia akan mengenal tuhannya".
1. mengenal diri sendiri
langkah pertama untuk mengenal ri sendiri ialah mengenatahui diir itu tersusun dari bentuk bentuk lahi yang disebut badan atau sad dan bentuk bentuk bathin yang disebut qalbu atau jiw. yang dimaksud dengan qalbu itu bukanlah segumpal daging yang berada  sebelah kiri badan dibawasusu/yang dikatakan jantung. tetapi dialah roh sci dan berpengaruh dalam tub dan dialah yang mengatur jamni dan segenap anggauta badan. ialah hakketa insan/yang dinamakan diri yang sebenanya diri.
dialah yang bertanggu jawab dan dialah dipuji au disiksa oleh allah.
untuk meneliti dan mengenalidiri sendiri itu, maka jaasad dapat dimisalkan suatu keraja. dan roh rajanya yang erkuasa dan dialah yang mengatur smani.
adapaun jamani adala sebagai kerajaan dalam bentuk alamuyhadah atau alam nyata.
seluruh badan jasmani ak hancur binasa setelah mati, tetapi hekat roh dan jiwa tidak akan mati, ia tetap tinggal dalam ilmu allah. dan adapun rohani atau jiwa adalah sebagai raj dalam bentuk alam gaib, maksudna bahwa roh atau jiwa itu adah gaib, ia kedannya tidak terpisah pisah, tidak terbetas oleh waktu an ruangtidak tentu tempatnya dam sesuatu bagian tubuh, oh karena itu maka setiap oran memerintahkan atas kerajaan kecl dalam dirinya sendiri. sungguh ben sekali istilah yang menyebutka bahw a"manusia itu adalah mikosmos" atau dunia kecil dal dirinya sendiri.

sbagian orang berpendapat bahwa hakekat qbu atau roh itu dapat dcapai oleh seseorang dengan memejamkankedua matanya serta melupakan segalanya yang adadi sekitarnya, kecuali peribadinya. dengan cara bitu akan dapat juga kilauan ari alam abadi kepada peribanya/dalam mengenal dirinya. tetapibagaimanapun juga segala pertanan yang mendalam tentang hakekat roh yang sesungguhnya,tidak dizinkan oleh allah yang m esa. didalam quran allah rfiaman>
mereka itu bertanya epada engkau muhammad tentang ro, katakanlah bahwa roh itu urusan tuhanku, tid kamu diberi pengetahuan melainkan dikit saja". qs al isra ayat 85.

apabila seseoran bertafakur atas dirinya, maka ia aka dapat mengethaui bahwa dirinya tu pada pada masa dahuluna itu, "tidak pernah ada". 
firman allah, 'tidaklah manusia ingat vahwa kai menjadikannya dahulunya edang ia belu ada ssuatu apapn".
kemudian manusia itu akan mengenatyui bahwa ia sebenrnya dijadikan dari setets air mani yang tidak memepunya akal sedikitpun, tidakmempunai pendengaran, penghlihatan, kaki, tangan, kepala dan sebagainya. dari silah manusia akan mengetahui dengan terang dan nyata, bahwa tigkaty kesempurnaan yang ia dapat capai bukanlah ia yang memutnya, karena sehelai rambutpu manusia itu tak akananggupmmebuatnya.

dngan jalan fikiran tersebut diatas, maka itu dapa menemukan dirinya dalam kejaian yang sangat kecil bila bandingkan dengan kekuasaan dankasih sayangnya tuhan yang njadikan. dan apabila manusia itu rfikir jauh maka ternyata keperlua seperti, makan, pakaian, peruman dan sebagainya yang kesemuany itu telah terseda lengkap di dalam muka umi ini.
disinmanusia menjadi sadar akan sifatrahman dan rahimhay allah yan begitu besar dan luasnya. demikianlah alam dunia yang diciptakan allah penuh dengan keajaiban keajabaina rangka jasad berbagai buti kekuasaan dan kebijaksannya d penuh pula dengan berbagai alat keleengkapan yangibuatnya sebagai tanda sih sayangnya, guna berbai keperluan hidup manusia, maka oleh karena itu manusia akn mengetahui bahwa llah itu "ada". oleh karena itubenar benar bahwa dengan penelitia dan pengelana idiri sendiri akan jadi kunci bagi pengelanan allah.

2. mengenal allah
bagian ya penting penting dalam mengena allah, datangnya dari perbuatan perbuatan kita memepelajari dn meneliti serta memikrikan keadn diri sendiri, yg memberikan kepada kita kekuat, kepandaian, dan mencinai ciptannya. demikianlah alam dnai yang diciptakan penuh dengan keajabaina keajban rangka jasad dengan bukti keuasaan dan kebijaksannyasudah penuh pula dengan berbag alat kelengkapan yan dibuatnya sebagai tanda kasih syangnya gunaberbagai keperluan hidup masia, maka oleh karena  manusia akan mengetahui bahwa itu "ada". oleh sebab i, benar benar bahw dengan penelitian dan pengenalan diriendiri akan enjadi kuncinya bagi mengenal allah.

sifat sita manusia, bukan hanya menjadi gambarandari sifat sifat allah, tetapi juga ragamadanya jiwa ,anusia membawa keinsyafan kepada pengertian adanya allah maksudnya bahwa kedua duanya yaitu allah dan roh adalah aib, tidak terpisah iusahtidak terbilang, tidak rupa dan tidak berbenk, tidak berwarna dan berukura.

manusia mendapat kesukara dalam menerima gambaran tersebut tadi yang meneyebutkan serti di atas, tetapi kesukaran esukaran itu dirasakanoleh fikiran fikiran kita sehari hari seperti, marajh, sakit, gembira, gembiran dan cinta. kesemunaya itu merupakan faham pikiran dantidak bisa diketahui oleh otak, leh karna bentuknya dan ukurannya. seperti halnya telina tidak bisa mengenalwarna, mata tidak bisa mengena suara dan begitupula dalammengartikan kenyataan kenyataan pada batas batas yang dapat dicapai oleh akal fikiran kita lebi dariitu. akal fikiran tidak sanggup lagi memikirkannya sebagaitu jauh, betatpapun juga kita dapat melihat bahwa llah itulah yang ngatur alam semesta dan ia adalah tiak mengenal ruang dan waktu, tidk mengenal bentuk dan ukuran, memerinah segenap perkarasa yang demian keadannya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

*Meneladani Perjuangan bapak Pendiri Bangsa.

Islam Melindungi Kemanusiaan Abad 21

Mahatma Gandhi dan Manusia Ahimsa (Anti Kekerasan)